Otak Manusia Butuh Liburan

Melakukan rutinitas yang sama setiap hari akan menyebabkan kejenuhan dan otak tidak bisa bekerja optimal. Ada 4 alasan yang membuat otak manusia butuh liburan.

Hasil gambar untuk otak manusia butuh liburan

Sebuah studi yang dilakukan oleh Families and Work Institute menemukan bahwa melakukan liburan seperti pergi ke museum atau pantai di dekatnya sangat penting bagi otak.

Inilah 4 alasan yang membuat liburan menjadi penting bagi otak :


  • Perbaiki Memori

Russell Poldrack sebagai direktur Imaging Research Center di University of Texas di Austin mengatakan bahwa liburan akan memberikan pengalaman baru, kondisi ini akan membuat otak merespons dengan melepaskan dopamin ke dalam hippocampus (bagian otak yang menciptakan memori atau Kenangan). Ini akan memperbaiki ingatan dan membantu melindungi penyakit Alzheimer.

  • Meningkatkan kreativitas

Peneliti Amerika dan Prancis menemukan bahwa liburan dapat meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah, meningkatkan kesadaran akan koneksi yang hilang dan untuk mendorong orang untuk mencoba sesuatu yang baru. Ini karena liburan memudahkan kreativitas pikiran.

  • Tajam konsentrasi

Periset dari University of Pittsburgh melaporkan bahwa orang dengan kondisi kesehatan serius cenderung membutuhkan waktu lebih sedikit sehingga meningkatkan kadar hormon stres. Poldrack mengatakan ketika seseorang lelah, maka korteks prefrontal akan terbebani karena jumlah hormon stres dan membuat seseorang kehilangan fokus atau konsentrasi.

  • Sediakan waktu istirahat

Studi tersebut menemukan 2-3 hari setelah hari libur orang akan memiliki waktu istirahat dan tidur berkualitas lebih tinggi, bahkan bisa meningkat hingga 80 persen. Kualitas tidur bisa meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak.

Otak Manusia Butuh Liburan